Tidak Hanya Sedang Meningkat Popularitasnya, Gula Aren Juga Punya Banyak Manfaat

RAA | Rabu, 16 September 2020 - 11:06 WIB
Gula Aren Timurasa

Gula aren dikenal dengan banyak nama dan variannya, tergantung bahan, cara produksinya, atau daerahnya. Di Indonesia dikenal sebagai gula jawa dan gula melaka di Malaysia. Ada perbedaan spesifik penamaan gula aren di Indonesia; Kalau terbuat dari kelapa disebut gula jawa atau gula merah sedangkan gula aren adalah gula aren yang khusus dibuat dari nira pangkal bunga aren. Gula jawa memiliki aroma yang membumi dan rasa manis yang pekat dengan warna yang lebih pekat menyerupai tetes tebu, sedangkan gula aren berwarna pucat. 

Meskipun gula dari pohon yang berbeda mungkin memiliki komposisi yang sedikit berbeda, semuanya diproses dengan cara yang sama dan dapat digunakan secara bergantian. Pengambilan nira yang bermutu (PH 7) masih banyak dilakukan secara tradisional tanpa menggunakan bahan pengawet dan kimia berbahaya, lalu nira disaring menggunakan kain putih yang bersih.


Pemasakan nira selama +/- 10 jam dengan menggunakan tungku gas untuk mengurangi abu jika menggunakan kayu bakar, lalu pengeringan gula aren setelah pemasakan dilakukan di dalam oven. 

Gula aren sebagai pemanis alami ini juga dikenal memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut ini beberapa diantaranya :

1. Pemanis yang Rendah Glicemic Index (GI) atau kandungan kalori sehingga aman dikonsumsi oleh oleh yang memiliki kecenderungan obesitas dan penderita diabetes.


2. Energy dan Imune Booster yang sehat


3. Kandungan zat besi (iron) yang tinggi sehingga mampu sebagai pencegah anemia dan memperlancar peredaran darah.


4. Memiliki kandungan niacin yang berfungsi untuk menjaga kadar kolesterol tubuh agar tetap stabil dan menjaga kesehatan pencernaan.