Mengenal Andaliman : Rempah Asli Indonesia

RAA | Selasa, 15 September 2020 - 15:23 WIB
Sambal Andaliman Timurasa

Andaliman adalah salah satu jenis lada asli Indonesia yang berasal dari daerah utara Sumatera. Waktu panen utama pada bulan Maret. Rempah ini dianggap oleh orang luar Indonesia sebagai tanaman yang langka.

Andaliman bisa dijadikan sebagai campuran rempah-rempah di dalam berbagai hidangan seperti ikan dan makanan laut lainnya, dalam kari, semur dan masih banyak lagi ( bahkan bisa juga sebagai campuran minuman seperti teh hitam). Ditanam di kebun masyarakat daerah pegunungan (1200 - 1400mdpl) tanpa menggunakan pestisida dan obat tanaman berbahaya.

Andaliman biasa dipanen secara manual pada saat musim kering dan dihindarkan dari hujan atau kelembaban kabut. Pada saat pemetikan petani menggunakan lengan panjang, sarung tangan, dan topi agar terhindar dari duri-duri batang andaliman.

Andaliman yang dipetik ditempatkan di wadah yang buka  terbuat dari plastik agar andaliman tidak busuk. Setelah
dipetik andaliman langsung diangin-anginkan agar tidak busuk.  Setelah diangin-anginkan, andaliman yang telah dipetik lalu dijemur diatas anyaman bambu atau loyang alumunium. Pengeringan ini dilakukan
di tingkat petani untuk memperpanjang masa simpan andaliman. Pengeringan dengan menggunakan matahari langsung bisa berlangsung selama 3-4 hari. Andaliman yang sudah cukup kering adalah yang berwarna hitam, keriput, dan mudah sekali patah dari batangnya.

Ciri-ciri andaliman yang baik adalah yang berwarna hitam, keriput, aroma wangi. dan mudah sekali patah dari batangnya.

Banyak manfaat  kesehatan dari andaliman yang Anda bisa rasakan, diantara nya ;


1. Sebagai bumbu masakan khususnya masakan Sumatera Utara seperti Arsik, saksang, dan sambal


2. Mengandung senyawa minyak atsiri dan alkaloid untuk menghambat proses oksidasi lemak dan anti mikroba sehingga andaliman bisa sebagai pengawet dan menghilangkan bau amis pada daging dan ikan.

3. Bisa sebagai bumbu tabur pada emping dan menambah aroma pada teh herbal.

4. Bisa digunakan sebagai aroma terapi yang menenangkan.

5. Energy dan Imune Booster yang sehat karena mengandung vitamin C dan E yang tinggi.

6. Melancarkan menstruasi

7. Sebagai anti oksidan yang menghambat tumbuhnya sel kanker